Agar Usia Kacamata Lebih Lama

KOMPAS.com – Hampir setiap orang memiliki kacamata, baik itu kacamata untuk mempertajam penglihatan atau pun kacamata untuk melindungi mata dari sinar yang terlalu terang seperti kacamata hitam.

Anda tentu ingin agar kacamata yang dimiliki memiliki usia yang panjang, apalagi jika sudah cocok dengan bingkainya. Awet tidaknya kacamata bukan sekadar karena faktor merek dan kualitasnya. Cara pemakaian dan penyimpanannya juga berpengaruh pada keawetan kacamata.

Berikut beberapa tips supaya kacamata lebih panjang umur.

1. Selalu gunakan kedua tangan untuk melepasnya

Tidak sedikit orang yang ‘malas’ menggunakan dua tangan untuk melepas kacamata. Padahal gerakan melepas dengan satu tangan akan mengendurkan gagang kacamata. Alhasil, kacamata tidak lagi nyaman digunakan. Karenanya, biasakan untuk menggunakan kedua tangan saat melepasnya.

2. Hindari cara membersihkan yang salah

Pemakaian pembersih kaca yang mengandung amonia atau alkohol dapat merusak lapisan kacamata. Untuk membersihkan lensa kacamata, cuci dengan sabun cuci piring yang dicampur dengan air. Tidak perlu menggunakan sabun terlalu banyak. Kemudian usap dengan jari secara lembut. Keringkan lensa dengan kain mikrofiber yang memang dibuat khusus untuk membersihkan kacamata. Hindari pemakaian tisu, handuk kertas, atau bahan yang terbuat dari kayu karena bisa menyebabkan lecet.

3. Bilas kacamata dengan air ketika di pantai

Kacamata yang basah atau terkena pasir di pantai harus dibilas dengan air terlebih dahulu.
Jangan menggunakan cara praktis dengan sekadar mencucinya dengan air laut atau menggunakan handuk karena kristal kecil garam atau pasir di air laut dapat membuat lecet lensa kacamata.

4. Jangan simpan di suhu tinggi

Jangan meninggalkan kacamata di cuaca yang panas seperti di dalam mobil atau terjemur.
Hal ini dikarenakan frame kacamata yang terbuat dari plastik cair. Bila terlalu panas, bingkai kacamata Anda bisa meleleh atau menjadi sangat fleksibel.

5. Jangan gunakan kacamata di kepala

Mata lelah atau sekedar mengikuti tren menjadikan banyak orang sering memakai kacamata di bagian kepala. Kebiasaan ini dapat mengendurkan gagang kacamata. Selain itu, minyak dari rambut dan kulit kepala dapat mengotori kacamata.

6. Stop slip

Anda mungkin kerap menaikkan kacamata Anda yang slip dari hidung. Terdapat beberapa perangkat tambahan untuk mematenkan kacamata pada posisinya. Misalnya, kain tambahan yang disarungkan pada gagang kacamata sehingga tidak licin. Ada juga wax khusus kacamata yang dioleskan pada bagian dudukan hidung. Anda pun bisa menambahkan tali atau rantai untuk menghindari kacamata mudah jatuh.

7. Jangan letakkan kacamata dengan lensa di bawah

Inilah salah satu penyebab lecet terbesar kacamata. Lecet yang dihasilkan pun terkadang parah dan kentara. Belilah sebuah kotak untuk menyimpan kacamata Anda sewaktu tidak dipakai supaya lensa aman dari goresan. (Kevin Sanly Putera)