Pemerintah Targetkan Indonesia Bebas Rabies Tahun 2020

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Indonesia mencanangkan Indonesia Bebas Rabies pada 2020. Program ini dilakukan mengingat rabies merupakan salah satu penyakit mematikan berupa infeksi akut yang disebabkan oleh virus rabies. Virus ini ditularkan melalui gigitan, cakaran, maupun jilatan dari hewan yang positif rabies, seperti anjing, kucing, dan monyet.

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementrian Kesehatan RI, Agus Purwadianto mengatakan, angka kematian orang yang terkena rabies mencapai 100 persen.

“Beberapa provinsi di Indonesia masih endemis rabies. Celakanya rabies itu angka kematiannya 100 persen. Ini jadi satu persoalan. Flu burung angka kematian 83 persen, ebola 53 persen. Jadi sesungguhnya yang paling jahat adalah rabies,” kata Agus dalam acara memperingati Hari Rabies Sedunia di Taman Langsat, Jakarta Selatan, Minggu (28/9/2014).

Agus mengatakan, untuk mencegah tertular virus rabies, para hewan peliharaan wajib divaksin. Demikian pula dengan hewan liar. Tak hanya hewan, orang-orang yang sering berhubungan dengan hewan juga harus divaksin antirabies.

“Pemilik hewan, keluarganya, polisi yang biasa membawa anjing, itu harus divaksin,” kata Agus.

Agus menerangkan, Kementerian Kesehatan dan sejumlah pihak terkait telah berhasil menekan angka penularan rabies dari tahun 2012 sebanyak 84.750 kasus menjadi 65.097 kasus tahun 2013. Provinsi DKI Jakarta sendiri telah dinyatakan bebas rabies sejak 2004.

DI tempat yang sama, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, kesadaran masyarakat perlu ditingkatkan mengenai perlunya vaksinasi untuk mencegah penyebaran virus rabies. Masyarakat juga perlu diberikan pengetahuan mengenai vaksinasi.

“Saya saja sempat bertanya-tanya apa boleh manusia divaksin rabies? Kita saja bisa salah persepsi,” kata Basuki.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama PT Novartis Indonesia dan Jakarta Animal Aid Network (JAAN) menggelar jalan sehat bersama yang bertajuk SEHATi Lindungi “World Rabies Day: Love Your Pet, Love Your Health” di Taman Langsat.

Mereka berkumpul membawa serta hewan peliharaannya seperti anjing dan kucing untuk memperingati Hari Rabies Sedunia yang jatuh pada hari ini. Kegiatan yang disertai kampanye edukasi ini pun untuk mewujudkan Indonesia Bebas Rabies pada tahun 2020.