Prodia Child Lab Bantu Ibu Tingkatkan Kreativitas Anak

Anak-anak memiliki organ tubuh yang masih dalam proses perkembangan. Mereka juga mengalami pola penyakit yang berbeda pada setiap periode usia, baik ketika balita, anak-anak dan remaja. Oleh karena itu, anak-anak membutuhkan penanganan pemeriksaan kesehatan secara berbeda pula.

Hal tersebut menjadi landasan yang kuat bagi Laboratorium Klinik Prodia untuk mendirikan laboratorium pertama khusus anak, yaitu Prodia Children’s Clinical Laboratory (Prodia Childlab). Didirikan sejak 15 September 2011, Prodia Childlab berkomitmen mendukung tumbuh kembang anak sekaligus memberikan edukasi terbaik untuk meningkatkan pengetahuan orangtua mengenai kesehatan anak.

Ruang pemeriksaan Prodia Childlab didesain secara khusus agar lebih menyenangkan dan aman untuk anak-anak. Pilihan warna yang cerah, gambar dan lukisan khas anak – anak diharapkan membuat anak lebih rileks, tidak bosan, tidak merasa sedang di laboratorium pada umumnya. Berbeda dengan laboratorium yang dipersepsikan di benak anak selama ini, yaitu sebagai ruangan didominasi warna putih, bau antiseptik, dan menakutkan.

Dalam rangka perayaan ulang tahun yang ketiga, Prodia Childlab menyelenggarakan beberapa acara dengan mengangkat tema “Healthy Children for a Better Future”. Pada perayaan ulang tahun kali ini, Prodia Childlab tidak hanya melibatkan anak-anak melalui berbagai lomba (lomba menggambar bertemakan Prodia Childlab, Sahabat Anak; lomba mewarnai dan fashion show bertemakan Aku dan Cita – Citaku) tetapi juga melibatkan para ibu melalui talkshow kesehatan anak.

Talkshow kesehatan anak “Healthy Children for a Better Future” dihadiri oleh sejumlah pakar diantaranya Dr. Soedjatmiko, SpA (K), M.Si yang ahli mengenai Tumbuh Kembang Anak, Hana Yasmira Nashar, M.Si membahas mengenai Komunikasi Yang Efektif Anak dan Orang Tua, dan Elva Nasution, S.Farm yang membahas dari sisi laboratorium Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Anda.

Selain untuk pelanggan umum, Prodia Childlab juga berencana mengadakan mini workshop bagi para dokter spesialis anak dan dokter umum dengan topik Gangguan Pertumbuhan, Anemia dan Tubercolosis pada Anak.

Para ibu mengakui bahwa melalui acara tersebut, mereka berkesempatan mengembangkan kreativitas anak-anak. Mereka berhak memilih lomba mana yang akan mereka ikuti sesuai dengan minat dan bakat masing-masing anak. Para ibu berharap dengan mengikuti berbagai lomba, anak mereka menjadi lebih percaya diri untuk berkompetisi dan berani untuk tampil di depan publik. Selain itu dalam acara tersebut, para ibu juga berkesempatan belajar lebih banyak mengenai bagaimana cara memahami fase pertumbuhan dan perkembangan anak.

Talkshow yang diselenggarakan membekali mereka dengan pengetahuan mengenai cara menjaga kesehatan anak dan cara berkomunikasi yang efektif terhadap anak-anak dalam masa perkembangannya. Hal ini sesuai dengan komitmen Prodia Childlab untuk mendukung tumbuh kembang anak sekaligus memberikan edukasi terbaik untuk meningkatkan pengetahuan orangtua mengenai kesehatan anak.

“Buah hati adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa yang harus kita jaga. Kualitas masa depan anak akan ditentukan oleh pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Dalam hal ini, orang tua memegang peranan utama untuk selalu menjaga nutrisi bagi sang buah hati demi tumbuh kembang anak yang sehat dan cerdas. Selain itu orang tua juga perlu memeriksakan kesehatan anak secara berkala untuk mendukung keberhasilan tumbuh kembang anak.” ungkap Imelda Novianti, Caretaker Prodia Children’S Clinical Laboratory Head.