Tentukan Nama Yang Pas

Menentukan Nama Marketing Online Yang Pas

Nama, dalam dunia bisnis, memegang peranan yang sangat penting. Nama lapak yang tepat akan melekat di ingatan masyarakat. Contohnya, penggunaan nama “Sederhana”, sudah sangat lekat dengan rumah makan padang. Ketika seseorang sedang mencari lokasi rumah makan Padang terdekat, mereka biasanya mengetikan nama “Sederhana’ dalam kolom pencarian di situs pencari. Hal ini juga berlaku bagi lapak online, nama akan terus melekat dalam ingatan pelanggan kita dan identic dengan produk yang kita jual.

Dalam memilih nama ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan nama lengkap atau toko online kita, yaitu:

1. PUNYA CIRI KHAS

2. SIMPEL DAN MUDAH DIINGAT

Dalam memilih nama, usahakan singkat, sederhana dan mudah diingat. Sah-sah saja jika ingin memiliki nama yang unik dan sulit disamai, tetapi jangan sampai pada akhirnya nama itu menjadi menyusahkan orang untuk mengingatnya.
Nama yang singkat dan mudah diingat akan membuat orang dengan cepat memikirkan bisnis kita, setiap kali berhubungan dengan kebutuhan mereka.

3. BERKAITAN DENGAN HAL-HAL POSITIF

Dalam pemilihan nama, setiap toko pasti menggunakan tambahan nama yang berkonotasi positif (misal: Jaya, Raya, Sejahtera, Terang atau Makmur), hampir tidak ada yang memakai nama dengan konotasi negative (misal: Mati, Gelap, Bangkrut).

Dalam Dunia maya pemilihan nama tidak hanya bergantung pada kata-kata dengan konotasi positif, selain itu nama yang dipih harus dipastikan memiliki reputasi yang baik. Cobalah untuk melakukan riset di website, apa nama yang kita pilih berkaitan dengan brand atau merek atau bahkan nama usaha yang pernah mendapat reputasi buruk.

4. MEWAKILI PRODUK

Setiap barang yang dijual dapat menjadi salah satu factor nama yang dipilih.
Ketika menjual produk fashion, ada bagusna memilihanama yang mengandung hal indah atau cantic. Jika elektronik, pilihlah nama yang berkaitan dengan pintar, tangguh dan cerdas.

5. BERSIFAT GENERIK

Kalau kita kurang cocok dengan hal yang diatas, karna varian barang yang dijual beragam, maka pilihlah nama yang bersifat generic atau umum.
Contoh nama “GriyAneka”, Nama ini singkat, hanya menggunakan satu kata, namun cukup mewakili dari beragam jenis barang yang dijual, bisa sepatu, baju, topi dan tas dalam satu toko. Nama ini memiliki dua kata, “griya”dan “aneka”, yang berarti rumah penyediaan aneka kebutuhan.

6. DISERTAI TAGLINE

Nama toko mungkin ketika dionline kan sudah banyak yang serupa, untuk membedakannya kita harus menggunakan tagline, yaitu slogan-slogan pendukung kesan yang ingin disampaikan dalam nama usaha tersebut.
Contoh, nama “Cantik Fashion” mungkin sudah banyak dimiliki, maka dari itu perlu disertakan tagline. Orang dapat saja berpikir bahwa toko ini merupakan toko online yang menjual fashion khusus wanita secara luas. Namun bisa saja toko online ini menjual pakaian muslim, sehingga harus diberi tagline pembeda.
Usahakan tagline dibuat singkat agar mudah dibaca sekilas oleh pembeli.
(Misalkan: “Cantik Fasion”, tagline: “Hijab Segala Usia”)

7. MUDAH DI GOOGLING

Nama dan tagline sebaiknya merupakan kata yang mudah di googling.
Ketika pembeli mencari barang tertentu mereka akan mengetikan sejumlah kata yang berhubungan dengan jenis barang, tipe, atau spesifikasi. Memang tidak mungkin semua kata kunci dapat terkandung dalam nama dan tagline, namun setidaknya ada kata tertentu yang tertangkap.

Menurut penelasan diatas untuk menentukan nama dalam marketing online itu menjadi hal penting selain itu ada beberapa yang harus diperhatikan agar nama itu lebih menarik, mudah di ingat dan berunsur positif.

 

Image: Kompasiana.com

Leave a Reply