Aktif Di Media Sosial

Mengintegrasikan Marketing Online Dengan Blog

Ketika kita memiliki blog atau website dan telah bergabung pula dengan online marketplace, maka kedua ini akan semakin membantu kita dalam mendongkrak angka penjualan.

Mayoritas toko online yang berbasis blog atau website terdiri dari:

  1. Nama toko beserta tagline
  2. Jenis produk yang dijual beserta spesifikasinya
  3. Foto-foto produk
  4. Prosedur pemesanan/ pembayaran
  5. Nama dan kontak pengelola toko
  6. Sekilas penjelasan tentang toko itu

Toko Online berbasis blog atau websiter memiliki ruang yang lebih luas untuk menyimpan data, sehingga pemilik seharunya dapat mendeskripsikan produknya dengan lebih leluasa di blog atau website tersebut. Sayangnya, pemilik toko online berbasis blog atau website tidak memanfaatkan kelebihan yang ada. Mereka masih menampilkan poin utama produk, tanpa deskripsi lebih lanjut. Hal ini sama saja seperti hanya mengisi di ruang online market place, yang ruangnya terbatas. Itupun online market memiliki keunggulan karena penjual dapat menentukan desain dan jumlah display.

Kedua lapak berbeda basis ini, jika diintegrasikan dapat sangat menguntungkan, karena penjual dapat melakukan banyak hal pada toko online mereka, termasuk dapat mendeskripsikan keunggulan dan manfaat produk dengan lebih baik lagi demi menarik perhatian para pembeli online.

Dengan adanya ruang terbatas dalam online marketplace, maka seharusnya bglog dan websie yang dimiliki penjual dapat menjadi pelengkap dari segala kekurangan konten yang ada di online marketplace. Beberapa tips dalam menciptakan konten blog atau website yang mampu menarik banyak pengunjung:

1. BUATLAH CERITA

Produk yang memiliki cerita menarik akan membuat pembeli bersedia membeli, walau pada awalnya mereka tidak mengenal produk tersebut sama sekali. Penjual online tidak perlu mengeluarkan biaya sedemikian besar demi menciptakan cerita bagi barang yang dijualnya. Dalam duni maya (dalam hal ini: blog dan website) cerita dapt dihadirkan dallam bentuk tulisan atau gambar. Manfaatkan aplikasi blog gratis, seperti wordpress atau blogspot, yang sudah disertai aneka fitur pendukung.

Buatlah cerita mengenai bagaiaman asyiknya, keren dan bergunanya produk yang dijual. Cerita dapat berupa review, tetimoni atau cerita mengenai peristiwa menarik ketika menggunakan produk. Cerita tentang suatu produk jauh lebih menarik ketimbang produknya sendiri. Selain itu cerita, mengenai penggunan produk akan dapat menciptakan rasa penasaran pada orang lain sehingga mereka ikut mencoba produk tersebut.

2. ARTIKEL YANG BERMANFAAT INTERAKSI YANG HIDUP

Selain cerita, artikel juga sangat berguna Tidak perlu tulisan yang serius dan berat, cukup dengan Bahasa ringan dan santai seperti ide-ide , tips dan info ringan yang dapat diambil dengan cara browsing, pengalaman pribadi atau teman, namun usahakan sesuai dengan apa yang kita jual, agar mendukung.

3. INTERAKSI YANG HIDUP

Internet memiliki keuntungan yang lebih dari televisi karena memungkinkan penggunannya bernteraksi langsung dengan audiens. Maka manfaatkan kelebijan ini dengan cara mengaktifkan kolom komentar di blog atau website sehingga pengunjung blog atau website dapat berinteraksi langsung dengan kita secara langsung. Interaksi secara langsung, merupakan teknik marketing yang baik, kita dapat mengetahui kebutuhan para calon pelanggan kita.

4. TAMPILKAN GAMBAR

Gambar berbicara lebih banyak dari kata-kata. Jangan penuhi blog dengan teks, karena hal ini akan membosankan. Sesekali unggahlah foto atau gambar, foto yang diambil sendiri dari keseharian, foto produk dan sejenisnya. Bisa juga mengutip infografis atau meme yang mendukung konten blog, namun jangan lupa untuk selalu mencatumkan sumber.

5. HUBUNGKAN KE MEDIA SOSIAL

Kita dapat menghubungkan blog yang kita miliki dengan media sosial ( twitter, facebook atau path), agar teman-teman media sosial kita dapat melihat isi website dan blog, setiap kali diperbaharui.

Jika blog sudah dibuat beserta dengan konten yang menarik, inilah saatnya kita mengintegrasikan blog dengan lapak di online marketplace. Di bukalapk.com tersedia fitur yang mendukung hal ini, yaitu fitur BL Widget, fitur interaktif ini digunakan dalam memandu pembaca mengunjungi lapak online kita di online marketplace, agar transaksi dapat dilakukan disana. BL Widget merupakan aplikasi yang dapat dipasang di situs, blog atau forum online untuk menamilkan informasi profil pelapak, reputasi transaksi dan barang yang dujyal.

Ada cara lain untuk mengajak audiens blog mengunjungi toko online kita di online marketplace, yakni dengan memberi link secara langsung. Setiap pelapak di BukaLapak akan memiliki link khusus yang mengacu ke toko online masing-masing. Sehingga kita dapat mempromosikan link ini, agar pengunjung blog tertarik untuk masuk kedalamnya.

 

Image:Ā rogteran.co

Leave a Reply