Waktu-Potensial-Posting-Produk-di-Toko-Online-dan-Media-Sosial

Kenali Waktu Potensial Dalam Marketing Online

Ada waktu tertentu dimana orang ramai berkicau di twitter melakukan browsing untuk berbelanja online, menyediakan waktu khusus untuk memeriksa email secara detail, atau mengamati status facebook. Inilah waktu yang tepat  untuk mengirim postingan sehingga aktivitas online kita bisa berjalan lebih efektif. Ada beberapa bocoran kapan sebaiknya kita memposting suatu informasi didunia maya:

1. Online marketplace

Formula ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi seorang pelapak online yang sukses meraup omzet Rp. 200 juta per bulan di BukaLapak, Sigit Nurdasyah  yang menjual aksesoris gadget.

  • 8.00-9.00 Sebelum orang mulai bekerja biasanya iseng browing, mulai dari membua situs berita, media sosial sampai situs belanja.
  • 12.00-13.00 jam istirahat makan siang bagi karyawan atau mahasiswa. Mereka merasa penat dengan pekerjaan atau kuliah, lalu menyempatkan diri mencari penyegaran dengan browsing.
  • 16.00-17.00 pekerjaan/kuliah mulai mered sehingga orang mulai bisa menyempatkan diri lagi untuk online.
  • 19.00-22.00 sepulang kerja/kuliah. Trafik ini ramai hingga jam tidur.

2. Blog

Ketika kita memposting hal baru di blog saat trafik sedang tinggi maka potensi diabaiakan pun tak kalah tinggi. Ibaratnya, kita mengumumkan sesuatu ditengah keramaian hiruk pikuk sehingga sulit mendapat perhatian. Saat trafik tinggi semua orang akan memanfaatkan untuk meng-update blog atau apapun itu. Otomotasi update yang kita lakukan tenggelam.

3. Twitter

Orang sangat aktif twitter pada weekend, kepekaan pengguna twitter akan meningkat sebanyak 17%. Bisa jadi karena pada akhir pecan para pengguna dalam kondisi santai.  Namun ada juga yang menjelaskan bahwa postingan twitter di hari kerja meningkat 14% disbanding weekend. Pukul 5 sore merupakan waktu paling potensial disbanding jam-jam lain.

4. Facebook

Menurut Catriona Pollard, waktu terbaik untuk memposting di facebook adalah hari kamis dan juamt. Snein hingga Rabu merupakan hari dimana para facebokker sangat sepi dalam merespon.

5. Email marketing

Secara umum siang hari merupakan waktu yang solid untk memposting esautu dan jam-jam setelah makan malam, serta sebelum bekerja adalah waktu singkat yang tersedia:

  • Jam 10 malam-6 pagi: zona waktu mati karena hampir tidak ada orang yang mau membuka email di jam-jam ini.
  • Jam 6 pagi-10 pagi: waktu terbaik untuk mengirim email marketing bagi pelanggan.
  • Jam 10 pagi- 12 siang: mayoritas orang sibuk bekerja dan sedikit sekali kemungkinan membuka email.
  • Jam 12 siang- 2 siang: Media online melakukan update selama periode ini.
  • Jam 2 siang-7 malam: mulai banya orang yang tertarik membuka email.
  • Jam 7 malam-10 malam: periode dimana banyak orang memeriksa email, terutama email-email penawaran produk atau jasa.

Waktu-waktu potensial diatas bukanlah harga mati, melainkan sekedar paparan hadil riset dan   analisis para ahl. Setidaknya kita punya gambaran kasar mengenai kapan sebaiknya memposting sesuatu yang berhubungan dengan bisnis online.

 

Images: Belajarsains.net

Leave a Reply