Kisah Sukses Barack Obama “Bangun Lebih Awal”

Persamaan umum yang dimiliki oleh mereka yang produktif dan sukses ialah kedisiplinan dalam bangun pagi. Bangun lebih awal menjadi salah satu kunci keberhasilan seseorang dalam meraih kesuksesan karena hal ini dapat menunjukan ketertiban anda. Walaupun terlihat sepele namun hal ini sulit dilakukan. Bagi beberapa orang yang terbiasa tidur larut, bangun di pagi hari menjadi kesulitan tersendiri. Namun orang sukses akan bisa menyeimbangkan antara kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani, karena waktu tidur yang baik yaitu tidur lebih awal dan bangun lebih awal, hal ini juga pernah dibahas oleh Ben Franklin “early bed, early risa make a man healthy, wealthy and wise”.

Bangun lebih awal memiliki dampak yang besar pula bagi keluarga Barack Obama, walaupun mereka memiliki jadwal yang ketat namun Barack Obama dan Istirnya selalu tampil bugar dan segar dihadapan publik. Di  saat hari sekolah anak-anak mereka, Michelle Obama akan bangun setiap pukul 04.30 atau 05.00 untuk berolahraga. Begitupula dengan Barack Obama walaupun ia merupakan orang yang senang tidur larut namun jam berapapun tidur ia akan tetap  bangun pagi  karena pada saat itulah ia dapat memanfaatkan waktu untuk berbagai kegiatan seperti membaca buku, berolahraga atau bahkan bermain bersama anjingnya. Berikut ini merupakan manfaat yang dapat kita peroleh dari bangun pagi hari terlebih sebelum matahari terbit:

Memiliki Hubungan Produktivitas

Orang yang sukses di dunia kebanyakan adalah mereka yang bangun di pagi hari karena  produktivitas dan tingkat fokus pada mata dan pikiran meningkat ketika pagi hari.

Bermanfaat Untuk Kesehatan

Bangun lebih pagi dapat mereduksi stress sehingga membuat hidup kita lebih bersemangat. Lakukan olahrga, meditasi atau bahkan hanya menghirup udara segar pagi untuk membantu anda mengurangi stress dan  mencegah penyakit-penyakit dalam tubuh.

Memberikan Waktu Untuk Memulai Hari

Hal yang terbaik yang diperoleh dari bangun pagi ialah banyaknya waktu untuk  produktif, hal ini dikarenakan kita memiliki waktu yang nyaman dan sepi untuk melakukan hal-hal positif.

Waktu yang Tepat Untuk Belajar dan Mengasah Otak

Banyak peneliti membuktikan bangun pagi merupakan waktu yang paling baik untuk menghafal dan belajar. Itulah sebabnya banyak para pebisnis yang mengevaluasi pekerjaan mereka dipagi hari.

Menemukan Waktu Kreatif

Mereka yang terbiasa bangun pagi mengatakan mereka lebih banyak mendapatkan inspirasi di saat itu. Bahkan banyak peneleitian yang membuktikan bahwa belajar pada saat subuh akan lebih mudah diterima oleh otak manusia.

Beberapa hal diatas ini merupakan beberapa manfaat bangun lebih awal, jika kira dapat membiasakan diri bangun pagi tentu kita dapat mengambil lebih banyak manfaat untuk ketenangan jiwa, kesegaran tubuh dan kenyamanan pikiran. Maka usahakanl bangun pagi mulai sekarang, jangan sampai kegiatan dan rencana anda terbuang sia-sia dikarenakan terlalu banyak tidur.

TIDAK MENUNDA PEKERJAAN

Menunda pekerjaan merupakan penyakit paling berbahaya bagi manusia karena dapat seringkali dapat menggalkan rencana kita. Bahaya menunda-nunda pekerjaan tidak hanya membuat pencapaian anda rendah atau menurun namun fatalnya akan menjadi kebiasaan buruk yang tertanam dalam diri anda. Agar tidak menunda pekerjaaan, motivasi diri anda untuk lebih produktif. Dengan memotivasi diri sendiri maka kita akan lebih cepat bangkit ketika gagal. Kita sering tidak sadar bahwa masalah utama yang menyebabkan pekerjaan tertunda adalah karena ketidak mampuan dan ketidak mauan kita dalam menentukan prioritas.  Namun jika anda seorang yang bekerja secara mandiri sebagai pengusaha, anda harus bisa menentukan prioritas secara cepat dan keberanian sangat dibutuhkan untuk memutuskan prioritas, bahkan menghilangkan perkerjaan yang tidak terlalu penting.  Barack Obama juga melihat bahwa perubahan tidak akan datang jika kita hanya menunggu orang lain dan waktu karena kitalah yang menjadi perubahan itu sendiri.

Image : http://www.wdkx.com

Leave a Reply