Sekilas Tentang Koperasi Kredit

Koperasi Kredit (Credit Union) terinspirasi dari apa yang dilakukan oleh Raiffeisen, Walikota Flammersfeld Jerman Barat yang memiliki pemikiran bahwa kesulitan mereka yang miskin hanya dapat diatasi oleh mereka sendiri. Bantuan yang cuma-cuma hanya membuat mereka malas dan tidak mau berjuang untuk keluar dari kemiskinan, namun dengan membantu si miskin justru membuat mereka berpikir positif. Ide ini kemudian yang menjadi dasar prinsip Koperasi Kredit yakni “Dari anggota, oleh anggota dan untuk anggota”, dimana iuran yang dikumpulkan dan dikelola oleh anggota hanya boleh dipinjamkan kepada anggota sendiri dan mereka yang diluar itu tidak diperkenankan untuk meminjam. Pandangan Raiffeisen jelas melihat bahwa dengan memberi bantuan yang tidak bijaksana justru akan menyebabkan bencana bagi mereka yang dibantu.

Credit Union merupakan lembaga keuangan dalam bentuk simpan pinjam yang mengutamakan pelayanan kepada semua anggotanya. Walaupun koperasi ini tidak mencari untung yang berlebih namun pengelolaan koperasi ini tetap dilakukan secara profesional. Untuk menabung di Credit Union, calon nasabah tidak dikenakan biaya administrasi dan tidak terkena bunga. Dalam koperasi ini anda pun dapat mengajukan pinjaman untuk banyak hal, seperti: Biaya Pernikahan, Membeli Kendaraan Bermotor, Membeli Rumah, Biaya Sekolah, Modal Usaha dan lain-lain. Koperasi kredit ini memiliki badan hukum sehingga ini bukan organisasi liar dan keberadaanya diakui pemerintah. Demi keamanan, simpanan para anggota diasuransikan dan bagi anggota yang meninggal segala pinjamannya dianggap lunas dan simpanannya dikembalikan kepada ahli waris. Secara periodik pembukuan diperiksa oleh pengawas CU. Pembukuan CU merupakan pembukuan terbuka dan sederhana jadi para anggota bisa ikut mengawasi keuangannya sesuai mekanisme yang ada.

Kewajiban Anggota

Anggota CU mempunyai kewajiban yang harus dipatuhi yaitu:

  • Mengikuti Penyuluhan (kursus dasar CU) sebelum menjadi anggota
  • Membayar simpanan pokok (hanya sekali), simpanan wajib setiap bulan sekali dan simpanan sukarela.
  • Bila meminjam, harus bersedia mengangsur secara rutin setiap bulannya berikut bunga ringan yang telah ditetapkan.
  • Mengikuti pendidikan dan pembinaan yang diselenggarakan.
  • Menghadiri rapat anggota tahunan setahun sekali.

Hak anggota

Disamping kewajiban, anggota punya hak yang perlu diperhatikan, yakni:

  • Mendapatkan pelayanan pinjaman yang baik dari pengurus
  • Mendapat dividen setiap setahun sekali
  • Memilih dan dipilih menjadi pengurus CU
  • Mendapatkan laporan bulanan tentang keuangan.

Untuk menjadi anggota tidak diperlukan langkah yang sulit untuk bergabung, kita hanya perlu memilih CU terdekat yang sesuai dengan keberadaan kita. Setelahnya anda hanya perlu mengisi formulir yang disediakan pengurus CU disertai fotokopi KTP, Kartu Keluarga dan identitas lainnya. Bila diterima sebagai anggota anda bisa langsung membayar uang pangkal ditambah simpanan pokok, wajib dan sukarela yang besarnya sesuai dengan aturan CU setempat.

Image : www.ptsp.bpmdjatengprov.go.id

Leave a Reply