Tahun Baru

Awal Mula Tahun Baru

AWAL MULA TAHUN BARU

Awal mula terciptanya tahun baru internasional dimulai pada saat reformasi kalender romawi oleh Julius Caesar. Awalnya kalender romawi terdiri dari 10  bulan (304 hari) dan tahun baru akan dimulai setelah vernal equinox, tradisi yang diciptakan oleh Romulus, pendiri Roma pada abad ke-8 SM. Kaisar berikutnya, Numa Pompilius menambahkan dua bulan dalam sistem kalender, Januarius dan Februarius. Namun sayangnya selama berabad-abad sistem kalender ini tidak sinkron dengan perputaran matahari sehingga pada tahun 46 SM, Kaisar Julius Caesar bersama dengan astronom dan ahli matematik saat itu memperbaiki permasalahan ini dengan menjadikan 1 Januari sebagai hari pertama dalam setahun. Tanggal ini menjadi penanda awal tahun sebagai bentuk penghormatan terhadap Dewa Janus, Dewa Permulaan Yunani yang memiliki dua wajah yang membuat dewa ini dapat melihat masa lalu dan masa depan. Pada masa itu masyarakat Yunani akan memberi persembahan pada Dewa Janus, bertukar kado satu sama lain, menghias rumah dengan dahan laurel dan pesta.

Semakin lama perayaan tahun baru pada 1 januari tidak hanya dilakukan di Yunani namun di seluruh dunia dengan tradisi dan bentuk perayaan yang berbeda-beda. Eropa pada abad pertengahan mengganti awal pergantian tahun karena pemimpin gereja mellihat bahwa tanggal 1 Januari berdekatan dengan dengan hari Natal yang jatuh tanggal 25 Desember. Awalnya pergantian tahun jatuh pada bulan Maret  namun tidak lama kemudian Paus Gregorius XIII mengembalikan pergantian tahun pada tahun 1582. Di daerah Eropa Barat tanggal 1 Januari dijadikan penanda awal tahun setelah resmi mengadopsi kalender Gregorian, di Inggris kalender ini baru diadopsi pada tahun 1752. Sebelumnya awal tahun baru Inggris dimulai pada tanggal 25 Maret yang bertepatan dengan Pesta Annuciation yang biasa disebut Lady Die. Kalender Gregorian mengambil tanggal 1 Januari sebagai awal pergantian tahun sebagai peringatan mereka akan pembaptisan Paus Gregorius yang jatuh pada tanggal 1 Januari.

 

Sumber: Sejarah dan tradisi awal 1 januari (http://www.sejarahdk.com/2015/12/1-januari-sejarah-dan-   tradisi-awal.html )

Artikel Tahun Baru (http://www.history.com/topics/holidays/new-years )

 

 

Leave a Reply