Cara Mengendalikan Tindakan Dan Sikap Orang Lain

Setiap manusia dapat mengendalikan perilaku orang lain namun seringkali kita tidak sadar menggunakan kekuatan ini bukan untuk kebaikan diri melainkan untuk melawan orang lain. Dalam bersikap manusia berperilaku seperti cermin satu sama lain, dimana orang akan bereaksi sama seperti yang dibuat orang lain kepada diri mereka. Ketika kita membina hubungan dengan orang lain kita melihat sikap kita memantul kembali dalam wujud tingkah laku orang lain. Sama seperti cermin, ketika kita tersenyum pantulan diri akan tersenyum, ketika kita menangis pantulan akan menangis dan seterusnya. Maka dari itu untuk mengendalikan sikap buruk orang lain, bersikaplah sebaliknya, misalkan anda berhadapan dengan mereka yang mudah marah dan berbicara keras, maka pelankan dan turunkan nada bicara anda. Dengan cara ini kita dapat mengatur tindakan dan sikap orang lain menjadi lebih baik bagi dirinya dan bagi diri kita sendiri.

Antusiasme Itu Menular

Antusiasme lebih cepat menular dibanding flu demikian pula sikap acuh tak acuh dan tidak adanya antusiasme. Anda tidak akan bisa menyakinkan sesuatu kepada orang lain sebelum anda sendiri mempercainya. Begitupula dengan kepercayaan, anda baru dapat membuat orang lain percaya jika anda bertindak dengan penuh keyakinan. Namun sangat disayangkan ketika banyak dari mereka yang pintar dan berkemampuan luar biasa dikalahkan dengan mereka yang biasa-biasa saja namun karena mereka mengerti cara bertindak dengan keyakinan mereka menjadi lebih unggul.

Masukan Daya Pesona Dalam Kepribadian Anda

Keyakinan, memiliki cara untuk memperlihatkan dirinya dengan cara yang tidak disadari manusia seperti terkadang kita tidak pernah bisa menjelaskan mengapa kita bisa memiliki keyakinan terhadap orang-orang tertentu yang secara tidak sadar kita nilai dari beberapa tanda dan petunjuk berikut:

1. Cara Jalan Seseorang (tindakan fisik akan menyatakan sikap mental Anda)

Kita dapat melihat mental orang dari cara berjalan, ketika berjalan dengan pundak terkulai maka orang akan berpikir bahwa beban mereka terlalu berat untuk dipikul sehingga menyebabkan mereka terlihat kehilangan semangat dan putus asa. Mereka yang penakut akan berjalan dengan langkah yang tidak pasti dan ragu-ragu, seolah mereka takut berjalan. Sedangkan mereka yang memiliki keyakinan akan melangkah dengan tegas dan berani, pundak akan ditarik kebelakang, mata memandang ke depan penuh harapan.

2. Jabat Tangan yang Mantap dan Kuat

Jabat tangan dapat menggambarkan karakter orang secara tidak langsung, lebih banyak dibanding daripada perasaan anda sendiri. Seseorang dengan jabat tangan yang lemah dan lunglai biasanya memiliki rasa percaya diri rendah, berbeda dengan mereka yang memiliki jabat tangan yang tegas. Namun pastikan agar jangan sampai terlalu keras dan melukai orang lain pada saat berjabat tangan karena ini akan memunculkan kesan mengintimidasi.

3. Nada Suara yang Tenang

Kita sering kali mengekspresikan diri melalui suara daripada dengan cara lain. Suara merupakan cara komunikasi yang paling canggih. Suara tidak saja mengkomunikasikan ide namun juga menunjukan perasaan anda. Maka dari sekarang cobalah untuk mulai memperhatikan suara apa yang lebih sering keluar dari diri anda, cobalah belajar berbicara dengan jelas, penuh keyakinan dan keberanian.

4. Senyuman

Senyuman yang sejati dan tulus dapat membangkitkan keramahan dalam diri orang lain. Sehingga jangan sampai anda tersenyum hanya sebagai ekspresi wajah namun tersenyumlah dari hati.
Menurut Winston Churcill cara terbaik agar orang lain memperoleh kebajikan adalah dengan menanamkannya dalam diri mereka terlebih dahulu. Anda dapat menanamkan hal ini dengan terlebih dahulu bersikap baik kepada orang lain. Buatlah mereka melihat bahwa anda merupakan orang yang terpercaya.

Image : www.nursecode.com

Leave a Reply