Menarik Orang Dengan Penerimaan Persetujuan Dan Apresiasi

Mereka yang dapat menerima dan menyukai orang lain serta menerima apa adanya mempunyai pengaruh terbesar untuk mengubah tingkah laku orang menjadi lebih baik. Tidak ada seorang pun yang memiliki kekuatan untuk mengubah orang lain, tetapi dengan menyukainya kita telah memberi mereka kekuatan untuk mengubah diri mereka sendiri. Setelah kita menerima mereka, kita bisa memberikan persetujuan dan apresiasi atas kebaikan dan perbaikan yang mereka lakukan. Dengan begitu, mereka akan berupaya untuk mendapatkan apresiasi berikutnya dengan berubah menjadi lebih baik.
Mereka yang secara alamiah tampak menarik bagi teman dan pelanggan ialah mereka yang menggunakan formula triple A untuk memberi makan ego manusia, yakni:

Acceptance (Penerimaan)

Sangat penting bagi manusia untuk dapat menerima orang lain apa adanya, beri ruang bagi mereka untuk menjadinya diri sendiri. Jangan pernah menuntut orang untuk sempurna atau berubah hanya agar kita menyukai mereka. Orang yang senang mencari kesalahan dan selalu melihat kekurangan orang lain biasanya sangat pandai memberi koreksi, namun tidak pernah berada dalam kerumunan orang yang menjadi teman dekatnya. Sedangkan mereka yang dapat menerima dan menyukai orang lain apa adanya memiliki pengaruh terbesar untuk mengubah tingkah laku orang lain menjadi lebih baik. Tidak seorang pun mempunyai kekuatan untuk memperbaiki orang lain namun dengan menyukai mereka apa adanya, anda memberi mereka kekuatan dan kepercayaan untuk mengubah diri sendiri.

Approval (Persetujuan)

Persetujuan disini memberi arti yang lebih positif karena ini menggambarkan keadaan dimana kita sebagai manusia mau mentoleransi kesalahan dan menemukan sesuatu yang bisa disetujui dari diri orang lain. Mungkin kelihatannya kecil dan tidak penting namun tunjukanlah bahwa anda setuju dengan hal yang dilakukan orang itu. Dengan menunjukan persetujuan anda, orang lain akan mengubah tingkah mereka agar bisa mendapat persetujuan untuk hal-hal yang lain. Temukanlah kebaikan mereka, pujilah dan perhatikan wajah mereka yang berseri-seri.

Apresiasi

Kata apresiasi disini memiliki definisi dalam meningkatkan nilai orang lain, luangkanlah waktu untuk merenungkan betapa berharga kehadiran mereka bagi hidup anda (bisa keluarga, karyawan, teman). Sadari pentingnya mereka dalam hidup dan carilah cara untuk memberitahu bahwa anda menghargai kehadiran mereka. Bisa dengan menunjukan beberapa hal dibawah ini:
1. Jangan biarkan mereka menunggu anda
2. Kalau ada orang lain yang harus segera ditemui, sambut kehadrian mereka terlebih dahulu dan sampaikan anda akan menemani mereka segera setelah anda menyelesaikan beberapa hal yang harus diselesaikan.
3. Selalu ingat untuk mengucapkan terimakasih.

Image : www.time.com

Leave a Reply