Menciptakan Kesan Yang Baik Pada Orang Lain

Ketika bertemu dengan orang baru pertama kali, kata-kata dan tindakan kita akan menentukan kesan untuk seluruh perjumpaan. Anda dapat menentukan pembicaraan dan sikap orang lain selanjutnya jika memulai percakapan dengan nada yang anda inginkan (misalkan anda ingin menciptakan suasana formal maka mulailah dengan bahasa formal namun jika anda menginginkan situasi informal maka mulailah dengan bahasa informal). Secara tidak langsung nantinya orang lain akan menyesuaikan diri dengan keadaan panggung yang anda ciptakan sehingga depannya kita semakin dapat mengatur pembicaraan dan sikap orang lain dengan mengingat bahwa kesan pertama yang diberikan cenderung menjadi kesan abadi. Jika anda tidak diterima dengan baik oleh orang lain maka anda harus melihat diri sendiri terlebih dahulu, jangan-jangan tanpa sadar kita memulai pembicaraan dengan sikap yang tidak mengenakan.

Jangan Mengenakan Kedok

Secara alam bahwa sadar manusia lebih pintar daripada yang kita sadari. Alam bawah sadar manusia dapat mengerti bahwa mereka yang berpura-pura sesungguhnya hanya memikirkan diri mereka sendiri. Namun jangan sekali-kali mencoba menghakimi orang lain karena setiap kali kita menghakimi maka secara tidak sadar kita memberi ruang pula kepada orang lain untuk menghakimi kita. Perlu diingat juga untuk tidak mengkritik pribadi ataupun produk orang lain jika anda mau memberi kesan yang baik, bukan hanya karena manusia tidak menyenangi pembicaraan negatif namun dengan langsung mengkritik anda akan menyiapkan panggung negatif, berbeda halnya ketika anda membanggakan produk diri sendiri sehingga panggung yang disodorkan terkesan positif. Jika dalam berjualan anda telah menciptakan suasana hati yang negatif ke lawan bicara, maka anda akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan kata “ya”. Maka dari itu bangun pembicaraan yang membuat suasana hati menjadi baik dan positif agar lawan bicara dapat dengan mudah menyetujui akan apa yang ditawarkan.

Banyak dari apa yang perlu Anda lakukan untuk membuat kesan yang baik adalah akal sehat, tetapi dengan pikiran ekstra dan persiapan, Anda benar-benar dapat membuat diri Anda menonjol di keramaian. Berikut adalah tujuh cara untuk membuat setiap kesan pertama tidak hanya baik, tapi juga berdampak besar:

1. Ingat Namanya di Pertemuan Pertama

Saya tidak berpikir ada yang “baik” dalam mengingat nama, tetapi kebanyakan orang tidak benar-benar menganggapnya serius. Jika Anda sadar untuk mengingat nama seseorang saat pertama kali bertemu dengan mereka, orang-orang akan melihatnya dan mereka akan menghargai itu.
Setiap kali Anda bertemu seseorang yang baru, menyebut nama mereka seperti ketika mereka memperkenalkan diri dan ulangi namanya di kepala Anda sampai Anda yakin. Teknik lain adalah untuk membuat sebuah sajak tentang nama mereka atau untuk membuat semacam asosiasi mental yang menggabungkan fitur fisik pembeda.
Misalnya, jika Anda bertemu seseorang bernama Olivia dan Anda melihat ia memiliki hidung yang menonjol, Anda mungkin membayangkan bahwa Olivia memiliki boneka di dalam lubang hidungnya. Semakin masuk akal gambaran, semakin mudah akan untuk mengingat.

2. Membuat Kontak Mata

Pertahankan kontak mata konstan ketika Anda dalam percakapan dengan seseorang. Melihat jauh menunjukkan ketidaktertarikan dan kurangnya kepercayaan. Anda biasanya dapat memberitahu ketika seseorang berbohong jika mereka tidak melakukan kontak mata ketika mereka mengatakan itu. Cara mudah untuk meningkatkan kontak mata adalah untuk membuat titik warna mata setiap orang yang Anda temui.

3. Mengetahui Bahasa Tubuh Anda

Isyarat nonverbal memainkan peran besar dalam kesan pertama. Selalu waspada terhadap jenis pesan bahasa yang tubuh Anda kirimkan. Perhatikan cara duduk, berdiri, dan berjalan. Pentingnya bahasa tubuh, inilah beberapa hal yang untuk mendapat perhatian:
Berdiri tegak dengan bahu Anda menyampaikan keyakinan dan kompetensi, sedangkan membungkuk menyampaikan sebaliknya.
Hindari menyentuh wajah atau leher, karena ini adalah tanda ketidakpastian.
Fokus pada gerakan lambat. Ini menunjukkan ketenangan dan membuat orang lain merasa lebih tenang dan santai, sedangkan gerakan cepat membuat orang gugup dan gelisah.
Gunakan gerakan tangan dan ekspresi wajah untuk menunjukkan bahwa Anda antusias tentang apa yang Anda katakan. Jika Anda tidak nyaman melakukan hal ini, Anda bisa mulai dengan berlatih di depan cermin.
Jangan Monoton dan Bicaralah dengan Jelas
Tidak selalu apa yang Anda katakan itu penting, tapi bagaimana Anda mengatakannya. Tidak ada yang suka mendengarkan seseorang yang berbicara monoton. Ini membosankan dan meninggalkan kesan negatif. Jangan takut untuk:

4. Mengubah kecepatan bicara Anda

Memperpanjang ujung kata-kata tertentu untuk penekanan.
Jeda sekarang dan nanti untuk mengumpulkan pikiran Anda.
Juga, pastikan bahwa Anda selalu berbicara dengan jelas dan tidak bergumam pada akhir kalimat. Bergumam berkonotasi kurangnya kepercayaan. Jika orang sering meminta Anda mengulangi diri sendiri, ini adalah isyarat pada ucapan Anda.

5. Terlihat Tajam

Penampilan bukanlah segalanya, tetapi penting. Bukan daya tarik fisik. Semua yang benar-benar penting adalah bahwa Anda baik jika disatukan.
Ini berarti mengenakan pakaian yang cocok, memotong kuku, dan merawat kulit dan rambut. Memperhatikan hal-hal kecil akan membuat Anda lebih menarik dan memungkinkan orang untuk melihat Anda dalam cahaya yang lebih positif.

6. Terlihat Tertarik Sekaligus Menarik

Sikap adalah segalanya. Benar-benar tertarik pada orang yang Anda temui dan benar-benar mendengarkan apa yang mereka katakan. Jika Anda mendekati orang dengan minat yang tulus dalam belajar tentang siapa mereka, mereka akan memilih ini langsung tahu dan biasanya menjadi keuntungan. Bila Anda tertarik, mereka menjadi tertarik.
Jadilah pendengar yang aktif dan tidak hanya memahami apa yang dikatakan pembicara, tetapi apa yang mereka rasakan. Sebagian besar berasal dari mampu membaca isyarat nonverbal. Ketika Anda menjadi lebih sadar isyarat nonverbal Anda sendiri, Anda juga akan mulai menjadi lebih sadar orang lain.

7. Senyum

Ini adalah hal termudah yang dapat Anda lakukan dan belum sebagian besar dari kita tidak cukup melakukannya. Ini sejalan dengan sikap, tapi senyum hangat membuat Anda tampak lebih ramah dan akrab. Tersenyum juga membuat Anda lebih bahagia, dan orang-orang selalu suka mejadi bagian dari kebahagiaan.

Image : www.nursecode.com

Leave a Reply