Pentingnya Membuat Orang Lain Menjadi Penting

Dalam hal relasi, manusia dapat dikatakan sebagai jutawan, sehingga mulailah untuk melepaskan kekayaan yang anda miliki dengan cara berbagi relasi karena ini tidak akan membuat anda kehilangan apa-apa. Jangan berusaha melakukan barter atau tawar menawar dengan kekayaan anda dalam hubungan relasi antar sesama. Hindari menyuap orang untuk mendapatkan apa yang anda inginkan. Jangan mengharap imbalan ketika memberi kebaikan pada orang, anda perlu percaya bahwa harta yang diberikan secara tulus untuk orang lain akan selalu kembali dengan berlipat ganda. Kebaikan dan kesopanan merupakan cara untuk mengakui pentingnya orang lain. Perasaan kita tentang diri sendiri dalam batas tertentu merupakan pencerminan peran yang dimiliki orang lain terhadap kita. Tidak seorang pun dapat mempertahankan martabat dan nilai mereka jika orang-orang yang ditemui memperlakukan mereka seolah tidak berharga. Dalam ranah pekerjaan seringkali penyebab utama ketidakpuasan antara karyawan dengan perusahaan ialah karena :

  1. Kelalaian perusahaan dalam merespon kritik dan saran karyawan.
  2. Perusahaan tidak memberi motivasi lebih kepada karyawan.
  3. Seringkali perusahaan mengkritik karyawan didepan yang lain sehingga terkesan menjatuhkan dan mempermalukan karyawan tersebut.
  4. Perusaahan sering kali lupa untuk meminta pendapat dan pandangan dari karyawan
  5. Karyawan sering kali tidak diberi laporan akan kemajuan mereka oleh perusahaan
  6. Seringkali secara tidak disadari perusahaan sering bersikap subjektif terhadap karyawan

Dari sekian banyak alasan ketidakpuasaan semua mengacu kepada kelalaian perusahaan dalam memperlihatkan pentingnya karyawan bagi mereka, oleh karena itu anda bisa mengikuti empat cara dibawah ini untuk membuat orang lain merasa penting, yakni dengan:

Berpikir Bahwa Orang Lain Penting

Tanamkan pada diri anda bahwa semua orang penting dalam kehidupan ini. Dengan berpikir demikian anda akan membuat orang lain merasa dihargai, sehingga anda akan disenangi karenanya, sikap seperti ini juga dapat membuat hubungan anda dengan sesama lebih tulus. Anda tidak bisa membuat orang lain merasa penting jika didalam hati masih merasa bahwa orang lain tidak berarti dan penting.

Mulai Untuk Lebih Peka Dan Perhatian Kepada Orang Lain

Sadar atau tidak seringkali manusia terlalu memperhatikan diri mereka sendiri tanpa melihat sekeliling. Padahal ketika ada orang lain yang memperhatikan, kita merasa dihargai karena secara tidak langsung mereka menunjukan bahwa diri kita penting. Sadar atau tidak perhatian orang lain merubah kita menjadi lebih ramah, kooperatif dan bekerja lebih keras untuk mendapatkan perhatian itu kembali. Maka dari itu ketika anda membina hubungan dengan kelompok berusahalah untuk mengakui setiap orang dalam kelompok itu.

Jangan Bersaing Dengan Orang Lain

Manusia dimanapun itu selalu memiliki kebutuhan untuk dilihat penting, sehingga anda harus selalu waspada agar hal ini tidak menjerumuskan anda sendiri. Ketika membina hubungan dengan orang lain, godaan untuk memberi kesan bahwa kita penting akan selalu ada, sadar atau tidak. Seringkali kita ingin memberi kesan kepada orang betapa pentingnya diri kita hingga tanpa sadar membuat orang lain merasa kecil. Namun semua manusia perlu mengerti bahwa orang lain ingin dianggap penting sama seperti yang mereka rasakan. Ada beberapa aturan sederhana dan cara efektif untuk memenangkan hati orang lain yakni dengan menunjukan secara langsung bahwa anda terkesan oleh pemkiran dan pemandangan mereka. Sehingga secara otomatis mereka akan berpendapat bahwa anda merupakan salah seorang yang paling cerdas dan paling rupawan yang pernah mereka jumpai. Namun jika anda bersaing dengan mereka maka anda akan dilihat sebagai orang bodoh yang asal bicara karena tidak mengerti sepak terjang mereka.

Tahu Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengkoreksi Orang Lain

Ketika kita mencoba mengoreksi atau memberi pandangan lain terhadap pembicaraan orang, secara tidak sadar kita memberi kesan ingin dianggap lebih penting dibanding orang lain. Sehingga ketika ingin mengoreksi atau memberi pandangan, pikirkanlah terlebih dahulu akibat apa yang akan muncul, apakah lebih berpengaruh negatif atau positif.

Image : www.foochia.com

Leave a Reply