Cara Menjadi Pendengar Yang Baik

Oliver Wendel Holmes berpendapat bahwa mendengarkan dengan sikap simatik dan penuh perhitungan merupakan hal terpenting untuk memiliki hubungan baik dengan orang lain serta persahabatan yang kuat. Sehingga ketika kita merasa pertemuan dengan orang tertentu tidak berjalan dengan baik maka kita perlu menyadari bahwa kemungkinan terbesar ialah karena kita tidak menjadi pendengar yang baik bagi mereka, bukan terletak pada apa yang kita katakan. Padahal orang akan dengan senang hati mengatakan apa yang mereka rasakan dan inginkan jika anda bersedia mendengarkan. Dalam berkomunikasi, manusia harus selalu bisa berbicara secara dua arah, begitupula pada saat menjalin relasi, memberi dan menerima menjadi hal yang penting. Kita harus belajar untuk tidak langsung berbicara saat ingin menyampaikan atau meminta pendapat terlalu dini dari orang lain, berusahalah untuk menjadi pendengar yang baik terlebih dahulu. Jangan terlalu banyak membahas kenginan dan rahasia anda kepada mereka yang baru dikenal karena orang-orang sukses selalu mencoba untuk lebih banyak mendengar namun sedikiti bicara. Dengan banyak mendengar mereka yang sukses bisa mendapatkan banyak ide dan dengan tidak banyak bicara mereka tetap menyimpan ide mereka untuk dijalankan.

Ketika mendengarkan orang lain cobalah untuk fokus pada nada suara dan perubahan kata-kata mereka didalamnya. Jika perhatian anda tertuju pada apa yang mereka katakan dan apa yang mereka butuhkan, maka anda tidak akan merasa canggung dalam pembicaraan selanjutnya. Sebaliknya jika kita terlalu berfokus pada diri sendiri maka kita tidak dapat berkomunikasi dengan baik dan efektif. Sehingga sangat penting untuk bisa mendengarkan dengan seksama, simpatik dan sabar karena, beberapa hal sederhana ini dapat menjadi bentuk pujian paling sederhana bagi mereka untuk merasa diterima dan dihormati. Maka dari itu cobalah untuk mempraktikan seni mendengar ini, dimulai dengan:

1. Pandanglah Orang yang Sedang Berbicara

Ketika anda menatap langsung pada saat mendengarkan, anda akan lebih fokus kepada pembicaraan dan ini akan membuat orang lain merasa dihormati.

2. Tunjukanlah Minat yang Mendalam

Usahakan agar anda memberi tanggapan seekspresif mungkin dalam menanggapi pembicaraan orang lain, jika anda setuju dengan pendapat mereka maka tunjukanlah dengan bahasa tubuh atau dengan senyuman tulus.

3. Condongkanlah Badan Anda ke Arah Orang Itu

Condongkan badan ke arah mereka sebagai bentuk dari ketertarikan dalam pembicaraan. Lawan bicara akan merasa dihormati karena anda tertarik dengan pembicaraan mereka.

4. Ajukanlah Pertanyaan

Dengan memberi pertanyaan, mereka akan merasa bahwa anda menyimak dan tertarik dengan pembicaraan mereka.

5. Jangan Menyela, Sebaliknya Mintalah Orang Lain Untuk Berbicara Lebih Banyak

Orang akan sangat menghormati ketika pembicaraan mereka tidak dipotong, bahkan tersanjung ketika diminta untuk menjelaskan hal yang mereka suka.

6. Tetaplah Pada Topik si Pembicara

Jangan mengubah topik pembicaraan lawan bicara anda karena ini akan memberi kesan bahwa anda tidak tertarik dengan pembicaraan mereka.

Image : www.practalpanda.com

Leave a Reply