Ciri-Ciri Kepribadian Positif

Kepribadian merupakan sesuatu yang melekat pada diri manusia yang memiliki hal baik dan buruk sehingga menghasilkan kategori kepribadian buruk dan kepribadian baik sebagai ukuran penilaian pribadi seseorang. Sadar atau tidak kepribadian ini berdampak cukup besar bagi seseorang dalam mammalian kehidupan. Kepribadian yang positif dinilai memiliki pengaruh besar pada keberhasilan seseorang dalam mencapai suatu keinginan atau tujuan hidup, untuk memiliki kehidupan positif anda harus memiliki hal-hal dibawah ini:

1. Nilai Luhur

Nilai luhur ini menjadi ciri pada seseorang apakah dia memiliki kepribadian positif dalam hidup manusia atau tidak. Nilai luhur disini berupa keikhlasan, kesabaran, tawakal, rajin, dermawan dan sebagainya.

2. Cara Pandang yang Jelas

Cara pandang yang jelas ini dipahami sebagai suatu penilaian pada hal yang diorentasikan pada kebaikan bukan pada hal buruk.

3. Keyakinan dan Proyeksi Positif

Setiap orang memiliki keyakinan dalam dirinya tentang suatu hal, meskipun keyakinan harus kuat mengakar dalam diri namun anda juga perlu mempunya proyeksi positif tentang keyakinan anda. Proyeksi merupakan mekanisme pertahanan diri dari rasa kecemasan yang akhirnya dilampiaskan ke orang lain.

4. Selalu Mencari Jalan Keluar

Untuk menjadi pribadi yang positif kita tidak dapat lari dari masalah, anda harus belajar betahan dan menghadapi masalah yang ada. Carilah solusi dan penyebab munculnya persoalan yang sedang di hadapi. Percayalah bahwa setiap masalah memiliki jalan keluarnya, anda hanya tinggal berpikir untuk mencari solusinya dan kesabaran untuk menghadapi masalah.

5. Belajar Dari Kesalahan

Banyak yang bilang bahwa guru yang baik ialah pengalaman karena ketika anda menghadapi kesulitan dan berhasil mengerti penyebabnya maka anda akan belajar dari pengalaman ini jangan sampai kedepannya terulang kembali. Ketika anda belajar dari pengalaman buruk sebelumnya anda dapat mencapai pencapaian yang lebih baik kedepannya.

6. Tidak Membiarkan Masalah dan Kesulitan Mempengaruhi Kehidupannya

Setiap manusia pasti pernah memiliki maslaah dan tidak ada seorang pun yang dapat terbebas dari sebuah masalah. Namun yang menjadi tantangan ialah jangan sampai masalah yang dihadapi oleh manisoa mempengaruhi kehidupan pribadi mereka. Tetaplah fokus pada pencapaian kehidupan anda sambil tetap menyelesaikan masalah yang harus dihadapi.

7. Percaya Diri dan Berani Menghadapi Tantangan

Pribadi yang positif adalah mereka yang mempunyai rasa percaya diri yag kuat sehingga tidak mudah dipengaruhi oleh orang lain dan tidak gampang rendah diri pada apapun. Kemampuan yang ada dalam dirinya dikembangkan tanpa harus terpengaruh dari luar diri anda.

8. Memiliki Perjuangan dan Kesabaran yang Tinggi

Orang yang hidup tanpa cita-cita dan perjuangan akan sulit menemukan keberhasilan dalam suatu pencapaian tertentu. Cita-cita merupakan suatu motivasi dalam diri terhadap pencapaian hidup, melalui ini motivasi untuk mewujudkan kenginan akan muncul. Sehingga sangat penting bagi manusia untuk memiliki cita-cita sebagai perwujudan kepribadian positif.

Leave a Reply