Membuat Orang Sependapat Dengan Kita

Perbedaan pendapat menjadi hal wajar saat kita berkomunikasi dengan orang lain dan perdebatan menjadi bentuk reaksi normal dari perbedaan pendapat. Ketika situasi ini muncul jangan terpancing emosi namun cobalah untuk membuat pembicaraan yang persuasif untuk membuat ide kita diterima. Anda bisa menaruh pandangan dalam bentuk saran kepada mereka sehingga tidak terkesan memaksa, atau anda dapat melakukan beberapa hal dibawah ini:

1. Biarkan Orang Lain Menyatakan Persoalan Mereka

Ingatlah untuk selalu mendengarkan dan jangan pernah menyela. Jika anda ingin didengar maka belajarlah untuk mendengar terlebih dahulu. Membiarkan orang lain berbicara terlebih dahulu akan membuat mereka semakin ramah kepada kita karena merasa dihormati dan didengarkan.

2. Tunggu Sejenak Sebelum Menjawab

Ketika anda mendapat pertanyaan maka cobalah untuk diam sejenak mendengarkan dan melihat orang tersebut, ini menunjukan bahwa anda menganggap pertanyaan mereka penting. Namun pastikan anda tidak diam terlalu lama karena ini akan menimbulkan kesan bahwa anda ragu-ragu dan berusaha mengelak dari pertanyaan. Pada saat jawaban dari pertanyaan ini menunjukan ketidak sepakatan maka jangan langsung mengatakan tidak, tunggulah terlebih dahulu dan jawab dengan kata-kata yang berisi penolakan secara halus dan tidak langsung.

3. Jangan Bersikeras Untuk Menang

Ketika berada dalam perdebatan, ego kita mencoba untuk membuktikan bahwa diri kita benar dan orang lain salah. Namun ketika orang lain mempunyai alasan dan fakta yang tepat, anda harus bisa menerimanya. Jika kita bisa sependapat dengan hal kecil yang disampaikan oleh orang lain, maka dalam hal besar pun orang lain akan sependapat dengan kita karena mereka melihat bahwa anda merupakan orang yang memiliki pemikiran terbuka.

4. Sampaikan Persoalan Anda Dengan Tenang dan Jelas

Ketika pendapat dan ide ditolak, kita harus bisa menangani tantangan ini untuk tidak melebih-lebihkan pentingnya ide dan pandangan kita.

5. Bicaralah Menggunakan Pihak Ketiga

Berbicara melalui pihak ketiga akan membantu bila anda memiliki perbedaan pendapat dengan lawan bicara. Dengan menggunakan pihak ketiga, kita akan meminimalisir keterusikan ego setiap pihak.

Langkah besar untuk membuat orang lain melakukan apa yang kita inginkan adalah dengan mengetahui apa yang akan membuat mereka melakukannya dan bila anda mengetahui apa yang akan menggerakan mereka, anda akan mengetahui bagaimana caranya menggerakan mereka. Ketahulilah apa yang mereka cari, apa yang mereka suka. Maka anda dapat mengerakan mereka dengan mengatakan apa yang ingin mereka dengar. Anda hanya menunjukan bagaimana mereka bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan melkukan apa yang anda inginkan mereka laukan. Jangan melakukan kesalahan dengan menyamakan apa yang anda suka, karena setiap orang berbeda.
Jika mereka mencari keamanan, bicarakan tentang keamanan. Jika mereka mencari kemajuan, bicarakan tetntang kemajuan yang lebih tinggi bila mereka berada di perusahaan anda dengan melakukan apa yang Anda inginkan.
Metode “Mengetahui apa yang orang inginkan” adalah dengan cara bertanya, melihat dan mendengarkan mereka. Ditambah usaha anda untuk mengetahui.

Image : www.fthumb.tqm.com

Leave a Reply